YouTube menghapus video Momo

YouTube menghapus video Momo

By

Untuk beberapa pembuat YouTube, hal paling menakutkan tentang tipuan “tantangan bunuh diri” internet, Momo, adalah bahwa mereka tidak dapat lagi menghasilkan uang darinya.

Saat histeria Momo Challenge menyapu bangsa, YouTube telah mulai merusak semua video tentang makhluk itu, termasuk siaran berita, penjelas, dan video pendidikan yang menghilangkan legenda urban online.

Menurut The Verge, YouTube telah mengkonfirmasi bahwa perusahaan tersebut melakukan demonetisasi video tentang Momo karena mereka melanggar pedoman ramah pengiklan.

Perlu dicatat bahwa keputusan YouTube untuk melakukan demonetisasi video tentang Momo secara teknis bukanlah kebijakan baru. Perusahaan ini secara rutin menghapus kemampuan monetisasi dari video yang mengelilingi “konten berbahaya,” yang tampaknya merupakan pandangannya terhadap apa pun yang melibatkan karakter Momo.

Meskipun pembuat tidak dapat membuat pendapatan iklan darinya, video Momo masih diizinkan di YouTube asalkan tidak melanggar kebijakan konten platform.

Philip DeFranco, YouTuber yang populer juga dikenal sebagai PhillyD, memposting dua tangkapan layar ke Twitter pada hari Kamis. Salah satu menunjukkan bahwa YouTube mengutuk videonya, yang menjelaskan bagaimana Tantangan Momo tidak lebih dari tipuan virus. Tangkapan layar lainnya adalah tweet dari akun resmi YouTube yang berterima kasih kepada pembuatnya atas video Momo yang sangat jahat itu.

YouTube secara khusus memposting pernyataan resmi tentang “Tantangan Momo” dalam upaya untuk mengurangi kepanikan hanya sehari sebelumnya.

BACA JUGA: Fitur Status baru Snapchat memungkinkan teman Anda melihat apa yang sebenarnya Anda lakukan.

Tantangan Momo pertama kali menyebar musim panas lalu setelah laporan berita yang belum dikonfirmasi mengklaim bahwa ia bertanggung jawab atas bunuh diri di negara-negara seperti Argentina dan India. Momo muncul kembali minggu lalu setelah orang tua yang khawatir mulai berbagi posting peringatan tentang tantangan di media sosial. Posting tersebut menyatakan bahwa gambar makhluk bernama Momo muncul di video anak-anak populer di YouTube di mana ia diduga “menantang” anak-anak untuk bunuh diri.

Tidak ada laporan yang dikonfirmasi tentang siapa pun yang bunuh diri karena Tantangan Momo. Gambar Momo adalah penciptaan seorang seniman di perusahaan efek khusus Jepang. Sebuah gambar dari kreasi seniman telah diposting di Instagram di mana ia kemudian dicabut untuk menciptakan legenda urban modern.

Kebangkitan Momo Challenge yang tiba-tiba tidak mungkin terjadi pada waktu yang lebih buruk bagi YouTube. Perusahaan ini menghadapi peningkatan pengawasan dalam beberapa minggu terakhir berkat kontroversi yang melibatkan keselamatan anak-anak di platformnya. YouTube mengumumkan pada hari Kamis bahwa itu akan menonaktifkan komentar pada semua video yang menampilkan anak di bawah umur dalam upaya untuk mengekang komentar predator yang baru-baru ini ditemukan di situs.

YouTuber telah berbagi keprihatinan mereka tentang dampak dari skandal baru-baru ini. Perusahaan menemukan dirinya dalam posisi mengasingkan pengiklannya atau orang-orang yang membuat konten platform. Akibatnya, beberapa merek mulai berkeliling YouTube dan bermitra secara langsung dengan pembuat tertentu yang ingin mereka iklankan.

Dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada Mashable, YouTube menegaskan bahwa ia belum menemukan konten yang berhubungan dengan Momo di platformnya yang mempromosikan “tantangan bunuh diri.”

“Berlawanan dengan laporan pers, kami belum menerima bukti video terkini yang menunjukkan atau mempromosikan tantangan Momo di YouTube,” kata juru bicara YouTube. “Konten semacam ini akan melanggar kebijakan kami dan segera dihapus.”

You may also like